Implementasi Algoritma

Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya kedalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Petintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti lgoika yang terdapat di dalam kode tersebut.

Interpreter atau dalam bahasa Indonesia dikenalsebagai Juru Bahsa berbeda dengan Traslator atau penterjemah dalam segi media yang dipakai utnuk menerjemahkan. Interpreter akan menterjemahkan bahasa sumber kedlam bahasa sasaran secara langsung atau orally sementara translator akan menerjemahkan bahasa sumber ke bahasa sasaran secara tertulis.

Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine. Hal ini menyebabkan source codee Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

Sedangkan, Kompiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program (source code) kedalam bahasa objek (obyek code). Kompiler menggabungkan keseluruhan bahasa program, mengumpulkannya dan kemudian menyusunnya kembali.

Kompiler memerlukan waktu untuk membuat suatu program dapat dieksekusi oleh komputer, program yang dieksekusi oleh kompiler adalah dapat berjalan lebih cepat dibanding program yang diproduksi oleh interpreter, disamping itu juga bersifat independen. Contoh program yang menggunakan kompiler adalah Virtual Basic, Virtual Delvi, dan Pascal.

Programming Paradigm adalah sudut pandang atau sudut serang dalam persoalan, realitas dsb. begitu pula dengan pemogramman, ada pendekatan-pendekatan untuk menyelesaikan sautu persoalan yang disebut dengan paradigma pemogramman.

Contoh Programming Paradigm adalah prosedural, fungsional, deklaratif, dan objek.

 

Algoritma tukar_isi_bejana

 

program tukar_isi_bejana;

uses crt;

var

bejA : string;

bejB : string;

tempt : string;

begin

clrscr;

write(‘masukan isi bejana A:’);readIn(bejA);

write(‘masukan isi bejana B:’);readIn(bejB);

 

tempt : bejA;

bejA : bejB;

bejB : temp;

 

writeIn;

writeIn(‘isi bejana A adalah=’,bejA);

write(‘isi bejana B adalah=’,bejB);

End.

tukar_isi_bejana

 

sumber :

http://www.infomugi.com/2013/04/pengertian-compiler-interpreter.html

http://lazylottus.blogspot.co.id/2009/09/paradigma-pemrograman.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *